Review Power Bank ADATA PV150

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiyHRB4cKu4mFmArMWWFzFlEL9TizV56KbobQjBYm2lcLj5XKUmBQcTVlJVUhlSO5Kbs9O6OuhPawTu3InftlZ44IKVvzfJCsqrHIcX5oIVbe_mr6uWid9JV2kJV1oAB7a1jAk5lUZ7mRw/s72-c/adata.jpeg click to zoom
Ditambahkan Rabu, September 09, 2015
Kategori Artikel
Harga
Share
BELI

Review Review Power Bank ADATA PV150

@
ADATA merupakan  vendor dari Taiwan yang lumayan terkenal dengan produk IT nya seperti storage & aksesoris komputer lainnya.  ADATA  juga mempunyai produk power bank, yang cocok bagi para pengguna gadget saat ini.
adata powerbank

ADATA PV150 adalah sebuah power bank dengan kapasitas 10.000mAh dengan desain dan look yang bagus dan kokoh. Power bank ini bentuknya persegi lumayan tebal, seperti menggunakan case kulit.
adata pv150

Di bagian  bawah power bank, terdapat tombol ON/OFF, 2 buah port yaitu port input microUSB 2A dan port USB 2.1A. Lalu di bagian  bawah dekat tombol ON/OFF , terdapat lampu indikator sebagai petunjuk sisa kapasitas power bank. Power bank ini bisa digunakan sambil diisi ulang.

Paket Penjualan

Power bank ADATA PV150 hanya di lengkapi kabel USB to Micro USB dan  petunjuk manual penggunaan power bank dalam berbagai bahasa.


Pengujian

Pengujian kami kali ini adalah dengan menggunakan perangkat untuk mengukur besar arus yang dialirkan ketika melakukan proses charging, baik charging ke perangkat maupun power bank. Perlu diketahui bahwa input dan output yang terdapat pada power bank merupakan arus maksimal yang bisa dihasilkan, sehingga tidak berarti power bank yang ada mampu mengalirkan arus sebesar rating yang telah dicantumkan.
Ketika mengujinya dengan smartphone dengan kabel bawaan paket, power bank ADATA PV150 yang hanya memiliki output 2.1 Ampere ini mampu mengalirkan arus paling besar hingga 1.46 Ampere dengan 4.9 V.
Ketika diuji dengan menggunakan tablet, power bank ADATA PV150 ini ternyata mengalirkan arus paling besar hingga 1.45 Ampere, lebih kecil ketimbang melakukan proses pengisian ulang di smartphone, serta dengan 5.04 V.
pv 150 (2)
Kemudian ketika power bank ADATA PV150 diisi ulang dengan menggunakan kabel bawaan paket yang dihubungkan dengan AC adapter, input yang berhasil didapatkan adalah 1.79 Ampere dengan 5.29 V.

pv 150 (1)
Dalam kondisi kosong, power bank membutuhkan waktu minimal 10 jam untuk mengisi ulang kembali daya hingga penuh. Sementara untuk digunakan mengisi sebuah smartphone berkapasitas 2000mAh, power bank ADATA PV150 bisa melakukan charging penuh kira-kira hingga 2-3 kali.
Keterangan Tambahan
  • Kapasitas yang tertera bukan berarti power bank pasti akan memiliki kapasitas tersebut secara penuh karena setiap power bank memiliki tingkat efisiensi yang berbeda. Sementara saat ini tidak ada tingkat efisiensi yang bisa mencapai hingga 100 persen. Secara kasar, perhitungan untuk menentukan kapasitas yang efektif bisa digunakan dengan menggunakan rumusan {[kapasitas power bank] x 3.7V (tegangan baterai)/5V (tenaga output) x 90%}.
    Dalam hal ini, ADATA PV150 memiliki rating kapasitas 6300mAh yang bisa digunakan secara optimal untuk mengisi ulang daya baterai perangkat, sesuai dengan yang tertera pada spesifikasi teknis produk.
  • Pengujian perangkat mobile menggunakan smartphone Sony Xperia Z3 Compact berkapasitas 2300mAh dan tablet Lenovo Yoga 2 10″ berkapasitas 9000mAh.
  • Adapter AC yang digunakan untuk menghubungkan kabel USB ke arus listrik untuk mengisi ulang power bank dengan adapter merk Lenovo dengan keluaran (output) 5.2V=2A.

Kesimpulan


Selain kapasitasnya yang besar untuk bisa mengisi perangkat gadget beberapa kali, fitur unik dan kelebihan dari power bank ADATA PV150 ini adalah kemampuannya untuk tetap bisa digunakan untuk mengisi ulang perangkat gadget ketika power bank itu sendiri tengah diisi ulang, di mana tidak semua power bank bisa melakukannya. Rating yang didapat ketika power bank diisi ulang kembali juga tergolong cukup tinggi, sehingga mampu mempercepat waktu pengisian ulang dibandingkan power bank sejenis lainnya. Dengan dilengkapi fungsi OFF secara otomatis ketika perangkat terisi penuh, pengguna juga tak perlu khawatir akan terjadinya overcharge ketika menggunakannya.
Agak disayangkan bahwa power bank ADATA PV150 tidak mampu mengalirkan maupun mendapatkan arus yang lebih tinggi dari 1.4 Ampere ketika menggunakan kabel bawaan dari paket penjualan power bank itu sendiri, terutama ketika mengisi ulang tablet. Dan hal ini membuat proses pengisian ulang perangkat menjadi sedikit lebih lambat dari yang telah diklaim sebelumnya. Hal lain yang disayangkan dari power bank ini adalah dimensinya yang lebih besar sehingga akan menyulitkan pengguna untuk membawanya.
Walau begitu, power bank ADATA PV150 ini masih cukup layak untuk digunakan sebagai power bank untuk mengisi ulang smartphone atau perangkat gadget lainnya, terutama mereka yang membutuhkan power bank dengan daya tinggi dan bisa digunakan berkali-kali.
Kelebihan:
  • Kapasitas daya besar
  • Rating input power bank tergolong rata-rata cenderung tinggi
  • Cukup ringan untuk power bank dengan kapasitas besar
  • Bisa mengisi ulang perangkat gadget sambil diisi ulang daya
Kekurangan:
  • Rating output tergolong rata-rata cenderung rendah
  • Dimensi lebar yang sedikit menyulitkan untuk membawanya kemana-mana

Data Teknis

Produsen ADATA
Website http://www.adata.com
Price Rp 250.000,-
Distributor 1.Achieva Technology Indonesia
+62 21 6125802
Kompleks Ruko Bahan Bangunan, Blok F4 No. 27. 2. Asiaraya
+62 21 62304048
Mangga Dua Mall, Lt. 4 Blok A No. 128.
3. Intertec
+62 21 6000358
Ruko Agung Sedayu, Blok H No. 28.
Kapasitas 10000mAh (Lithium-ion rechargeable battery 36Wh)
Warna Black / White / Blue
Dimensi (L x W x H) 99 x 84 x 24mm / 3.9 x 3.3 x 0.9″
Berat 235g / 8.3oz
Input DC 5V/2A (microUSB)
Output DC 5V 2.1A (Type-A USB)

Sumber : jagatreview.com



Komentar